TIK 50 SOAL
1. 1. Cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya jika di kembangkan dapat dilakukan oleh computer disebut …
A.
Berpikir komputasional
B.
Berpikir secara nalar
C.
Berpikir dengan awang awang
D.
Berpikir dengan sistematis
2. 2. Di bawah ini termasuk berpikir komputasional, kecuali
…
A.
Representasi data
B.
Algoritma
C.
Struktur data
D.
Optimasi pengerjaan
3. 3.. Sebuah bentuk atau struktur yang tetap, disebut …
A.
Pola
B.
Algoritma
C.
Struktur data
D.
Optimasi penjadwalan
4. 4. Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti, misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya. Kita harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu, kita juga perlu mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya. Uraian di atas termasuk konsep berpikir komputasional …
A.
Algoritma
B.
Pola
C.
Optimasi penjadwalan
D.
Representasi data
5. 5. Struktur data adalah ….
A.
Data yang tersusun rapih bedasarkan alfabet
B.
Data yang di susun dalam bentuk sebuah daftar
C.
Data yang tersusun secara selang seling
D.
Data yang tersusun rapih bedasarkan banyak huruf
6. 6. Di bawah ini yang termasuk contoh struktur data,
kecuali …
A.
Daftar belanja
B.
Daftar mainan
C.
Daftar absen siswa
D.
Resep masakan
7. 7. Berikut ini hal-hal yang perlu di siapkan saat
presentasi adalah, kecuali …
A. Menyiapkan bahan
presentasi yang baik dan menarik
B. Menyiapkan alat bantu
seperti alat petunjuk atau pointer
C. Memperhatikan siapa
penyimak dan isi dari presentasi
D. Pemilihan kata kunci
8. 8. Di bawah ini, yang merupakan salah satu ciri
Profil Pelajar Pancasila adalah…
A. Egois
B. Sombong
C. Berkebinekaan global
D. Malas beribadah
9. 9. .Informasi teks dan gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang dimaksud, disebut?
A. A. Penutup
B. Ringkasan
C. Paparan Utama
D. Infografis
1010. Dibawah ini adalah
ciri-ciri profil pelajar Pancasila,kecuali…
A. A. Mandiri
B. B. Kreatif
C. Bergotong royong
B D. Berpikir komputasional
1111. Dibawah ini, salah satu cara untuk mengomunikasikan hasil kerja adalah…
A. Siapkan
bahan presentasi dengan baik
. B. Menulis
dengan jelas
C. Menyiapkan alat bantu pengukuran
. D. Menjawab dengan cepat
1 12. Bagaimana ciri presentasi yang baik, kecuali?
A. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat
dilihat oleh penyimaknya.
B. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi.
C. Tulisan dibuat kecil dan rapat.
D. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu
yang disampaikan.
13. Tahapan proses kerja komputer
yang benar adalah ....
A. Input – Process – Output
B. Output – Process – Input
C. Input – Output – Process
D. Process – Input – Output
14. Tombol Capslock pada
keyboard berfungsi untuk ....
A. memindahkan kursor
B. membuat paragraf
C. menutup program
D. mengunci pada huruf kapital
15. Tombol di keyboard yang
berfungsi menghapus karakter sebelah kanan kursor yaitu ....
A. Delete
B. Tab
C. Backspace
D. Shift
16. Komputer berasal dari kata
bahasa Inggris yang artinya ...
a. To Compute
b. To Computar
c. To Computer
d. To Commuter
17. Komputer terdiri dari berbagai
perangkat keras yang meliputi, kecuali …..
a. keyboard
b. CPU
c. Mouse
d. Memory
18. Printer termasuk dalam kelompok …..
a. input device
b. output device
c. Proses
d. storage device
19. Apa yang
harus dilakukan oleh sebuah tim sebelum kerja kelompok?
A. Bermain
B. Makan Bersama
C. Perencanaan
kerja
D. Jalan-jalan
20. Apa Tujuan
infografis dibuat?
A. Mengedukasi
B. Hanya sekedar
tambahan
C. ajakan
D. A dan C benar
21. Konten Infografis
harus?
A. Masuk akal
B. Buatan
C. Bukan dari sumber
yang jelas
D. Acak
22. Apa contoh Segi
tampilan dari Presentasi, Kecuali?
A. Ukuran Huruf cukup
besar
B. Hiasan yang tidak
terlalu penting
C. Seimbang antara
teks dan ilustrasi
D. Jumlah lebar yang
sesuai dengan waktu
23. Apa hal-hal yang
harus diperhatikan saat presentasi?
A. Menyiapkan bahan
presentasi dengan baik
B. Menentukan gaya
bahasa lisan
C. Konsep harus
menggunakan alur logika
D. semua benar
24. Berikut yang
termasuk dari cabang informatika?
A. Teknik Komputer
B. Analisis
C. Berpikir
Komputasional
D. semua benar
25. Tujuan untuk
mempelajari informatika adalah?
A. Bisa memahami cara
kerja computer
B. Bisa bermain
C. Bisa menggambar
D. Agar mendapat teman
26. Salah satu Contoh
yang harus diperhatikan saat membuat infografis adalah?
A. Warna yang sesuai
B. Huruf yang tidak
sesuai
C. Tata letak yang
tidak rapi
D.Ukuranfont/hu
27 Apa
keuntungan bekerja dalam kelompok…
A. Membuat pekerjaan menjadi berantakan
B. Menghilangkan semangat kerja kelompok
C. Memperlambat pekerjaan
D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat danmemupuk semangat
Jawabannya : D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan memupuk semangat
28 Informasi
teks pada gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang
dimaksud, disebut…
A. Penutup
B. Infografis
C. Ringkasan
D. Paparan utama
Jawabannya : B. Infografis
29 Belajar
Informatika tidak harus menggunakan computer. Tujuan penting belajar
informatika adalah agar dapat memahami cara kerja computer dan system digital
berbasis computer. Kita dapat memahaminya dengan berbagai cara, misalnya
melalui permainan, simulasi, dan kegiatan-kegiatan tanpa menggunakan computer
yang dirancang oleh guru. Kegiatan semacam ini sering disebut sebagai kegiatan
yang bersifat…
A. Unplugged
B. Plugged
C. Plugin
D. Nonplugged
Jawabannya : A. Unplugged
30 Berikut
adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat infografis, kecuali…
A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi
B. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya
C. Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai
D. Pemilihan kata kunci
Jawabannya : A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi
31 Yang
diperlukan dalam bertindak setelah berpikir komputasional adalah…
A. Dilakukan secara tekun dan sabar
B. Dilakukan secara efektif dan efisien
C. Dilakukan secara efektif dan inovatif
D. dilakukan secara efektif dan kreatif
Jawabannya : B. Dilakukan secara efektif dan efisien
32 Salah satu
hal menarik dari dunia computer adalah permainan (game). Bermain game ada sisi
positifnya. Misalnya, dalam beberapa game, kalian bisa belajar strategi,
belajar memahami bahasa asing, belajar berkompetisi secara sehat, dan
sebagainya. Hal yang penting diingat, kalian perlu mengatur waktu bermain game
agar tidak kecanduan. Dengan demikian, kalian sekaligus belajar mengatur waktu.
Adakah hubungan antara bermain games dan informatika:
A.
Ada
B Sama sekali tidak ada
C Hanya membuang waktu saja
D Tidak ada
Jawabannya: A. Ada
33 Istilah
informatika sepadan dengan istilah dalam Bahasa inggris informatics, computing,
atau computer science. Apa itu informatika?
A Ilmu yang mempelajari tentang sila sila Pancasila
B Ilmu yang
mempelajari tentang bidang studi, perancangan dan pembuatan dan system computer
C Ilmu yang mempelajari tentang Bahasa dan
komunitasnya
D Ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar
Jawabannya: B. Ilmu
yang mempelajari tentang bidang studi, perancangan dan pembuatan, dan system
computer
34 AlgorDibawah
ini yg termasuk dalam membuat presentasi dari segi tampilan adalah
A. Ringkasan
B. Presentasi
C. Seimbang antara teks dan
gambar/ilustrasi
D. Paparan utama
33 35 Yang tidak termasuk dalam membuat presentasi dari segi konten adalah
a. Latar belakang
b. Paparan utama
c. Kesimpulan
d. Pemanasan
34 36 Pengertian informatika
a. disiplin ilmu
komputer yaitu data maupun informasi pada mesin yang berbasis komputasi.
b. tidak disiplin
ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.
c. data maupun
informasi pada mesin berbasis informatika.
d. disiplin ilmu
informatika.
35 Jawaban yang salah dari tujuan infografis
dibawah ini adalah adalah ?
a.
Himbauan
b.
susah dipahami
c.
mengedukasi
d.
mengajak
36 37 Tujuan belajar informatika yang benar adalah?
a.
Agar mengerti
cara membetulkan mobil
b.
Agar mengerti
cara membuat rendang
c.
Agar mengerti
cara bermain game di tv
d.
Agar bisa
memahami cara kerja komputer dan system digital berbasis computer
37 38 Bidang ilmu
informatika mempelajari…
a.
Ilmu hitam
b.
Ilmu agama
c.
Ilmu komputer
d.
Ilmu masak
38 39 Memecahkan masalah agar menjadi lebih kecil dan sampai ke pokok masalah hingga kita bisa menyelesaikan suatu masalah tersebut adalah
a. A Decomposing
b. B ANBithm
c. C SBK
40 Apakah belajar informatika harus memakai
komputer?
a tidak
b ya
c tidak tau
d tidak karna belajar informatika harus
pakai komputer
41 Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?
a.
aspek teoretis dan praktis, mendorong
b
tahapan presentasi
c
keterampilan generic
d semua benar
42 bidang-bidang pengetahuan informatika dikelompokan menjadi?
A TIK, AP, DSI
b BK, TIK, SK , JKI, AD, AP, DSI, PLB
c BK, TIK, AP, DSI, PLB
d semua benar
43 dalam Bahasa inggris berfikir komputasional adalah(BK)
a
Computational Thinking
b Social Impact of Informatics
c Computing Practices
d nformation and Communication Technology
44 Apa Itu Berpikir Komputasional?
a metode berpikir dengan Teknik ilmu komputer
b metode menyelesaikan pekerjaan dengan
cepat
c metode menyelesaikan persoalan dengan
menerapkan Teknik ilmu computer
d semua benar
45 apakah pengaturan jadwal dalam kesehari hari penting? Dan
mengapa
a. penting karena agar kegiatan yang
kita lakukan tidak bertabrakan
b tidak karna tanpa jadwa kita bisa
melakukan kegiatan dengan baik
c penting karna agar kita terlihat
rapi
d tidak karna kita tidak perlu jadwal
untuk sebuah kegiatan
46 apakah struktur data berguna dalam kehidupan sehari hari?
a ya
b tidak
c tidak terlalu
d tidak butuh sama sekali
47 Contoh struktur Data
dalam kehidupan sehari hari adalah?
a daftar belanja
b daftar karyawan di sebuah kantor
c daftar siswa dalam sebuah kelas.
d semua benar
48 Apa saja bidang bidang informatika yang akan
kalian pelajari
A. (BK), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
B. (QW), (TIK),
(SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
C. (BK), (ER),
(SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
D. (BK), (TIK), (TY),
(JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).
49 Saat membahas
materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak
sosial informatika, kalian akan mengasah kemampuan
A. Bernalar
kritis dan kreatif
B. Bermalas -
malasan
C. Tidak Kreatif
D. Berfikir
instan
49 Apa yang harus
dilakukan Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisien, efektif, dan
menghasilkan solusi yang baik?
A. Tentukan
tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas
masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan
B. Tentukan
tujuan kelompok, tidak perlu dilakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan
tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan
C. Tentukan
tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas
masing-masing, tidak perlu diintegrasikan, merumuskan kesimpulan
D. Tentukan
tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas
masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, tidak perlu kesimpulan
50 Bagaimana cara mengomunikasikan
hasil kerja dengan baik
A. presentasi
dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.
B. presentasi
yang tidak sesuai dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti
infograis.
C. presentasi dan
demo produk atau dalam bentuk produk tampilan yang tidak sesuai seperti
infograis.
D. presentasi dan
demo produk atau tidak dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.
Komentar
Posting Komentar