TIK 50 SOAL

1.   1.   Cara berpikir untuk menyelesaikan persoalan, yang cara penyelesaiannya jika di kembangkan dapat       dilakukan oleh computer disebut …

A.     Berpikir komputasional

B.      Berpikir secara nalar

C.      Berpikir dengan awang awang

D.     Berpikir dengan sistematis

 

2.  2.    Di bawah ini termasuk berpikir komputasional, kecuali …

A.      Representasi data

B.      Algoritma

C.      Struktur data

D.     Optimasi pengerjaan

 

3.    3.Sebuah bentuk atau struktur yang tetap, disebut …

A.     Pola

B.      Algoritma

C.      Struktur data

D.     Optimasi penjadwalan

 

4.     4Dalam kehidupan sehari-hari, kita perlu mengatur jadwal untuk berbagai kegiatan. Misalnya, dari          pukul 07.00-pukul 12.00, kita sekolah. Setelah sekolah, ada beberapa kegiatan yang bisa kita ikuti,         misalnya mengerjakan PR, belajar musik, belajar memasak, bermain bersama teman, dan lainnya.          Kita   harus bisa memilih kegiatan mana saja yang akan kita lakukan pada hari tertentu, kita juga            perlu   mengatur jadwal agar kegiatan-kegiatan tersebut tidak bertabrakan waktunya. Uraian di atas         termasuk   konsep berpikir komputasional …

A.      Algoritma

B.      Pola

C.      Optimasi penjadwalan

D.     Representasi data

 

5.   5.   Struktur data adalah ….

A.      Data yang tersusun rapih bedasarkan alfabet

B.      Data yang di susun dalam bentuk sebuah daftar

C.      Data yang tersusun secara selang seling

D.     Data yang tersusun rapih bedasarkan banyak huruf

 

6.     6. Di bawah ini yang termasuk contoh struktur data, kecuali …

A.      Daftar belanja

B.      Daftar mainan

C.      Daftar absen siswa

D.     Resep masakan

 

7.   7.    Berikut ini hal-hal yang perlu di siapkan saat presentasi adalah, kecuali …

     A.  Menyiapkan bahan presentasi yang baik dan menarik

     B.  Menyiapkan alat bantu seperti alat petunjuk atau pointer

     C.  Memperhatikan siapa penyimak dan isi dari presentasi

    D.  Pemilihan kata kunci

 

8.    8.  Di bawah ini, yang merupakan salah satu ciri Profil Pelajar Pancasila adalah…

   A.   Egois

   B.   Sombong

   C. Berkebinekaan global            

   D.   Malas beribadah

 

9.   9. .Informasi teks dan gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan  yang            dimaksud, disebut?

A.                A. Penutup
              B. Ringkasan
              C. Paparan Utama
              D. Infografis

 

1010.  Dibawah ini adalah ciri-ciri profil pelajar Pancasila,kecuali…

A.                         A.   Mandiri 

B.               B.  Kreatif 

                   C. Bergotong royong

  B               D. Berpikir komputasional


1111. Dibawah ini, salah satu cara untuk mengomunikasikan hasil kerja adalah…

                A.  Siapkan bahan presentasi dengan baik

.               B.  Menulis dengan jelas

                C.  Menyiapkan alat bantu pengukuran

.               D.  Menjawab dengan cepat


1 12.  Bagaimana ciri presentasi yang baik, kecuali?

            A. Ukuran huruf cukup besar untuk dapat dilihat oleh penyimaknya.

           B. Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi.

          C. Tulisan dibuat kecil dan rapat.

          D. Jumlah lembar yang sesuai dengan waktu yang disampaikan.


13. Tahapan proses kerja komputer yang benar adalah ....

           A. Input – Process – Output

          B. Output – Process – Input

          C. Input – Output – Process

          D. Process – Input – Output

 

14. Tombol Capslock pada keyboard berfungsi untuk ....

         A. memindahkan kursor

         B. membuat paragraf

        C. menutup program

        D. mengunci pada huruf kapital

 

15. Tombol di keyboard yang berfungsi menghapus karakter sebelah kanan kursor yaitu ....

          A. Delete

         B. Tab

         C. Backspace

         D. Shift

 

 

16. Komputer berasal dari kata bahasa Inggris yang artinya ...

a. To Compute 
b. To Computar
c. To Computer
d. To Commuter

 

17.  Komputer terdiri dari berbagai perangkat keras yang meliputi, kecuali …..

a. keyboard
b. CPU
c. Mouse
d. Memory

18.  Printer termasuk dalam kelompok  …..

a. input device

b. output device

c. Proses

d. storage device



19. Apa yang harus dilakukan oleh sebuah tim sebelum kerja kelompok?

A. Bermain

B. Makan Bersama

C. Perencanaan kerja

D. Jalan-jalan

 

20. Apa Tujuan infografis dibuat?

A. Mengedukasi

B. Hanya sekedar tambahan

C. ajakan

D. A dan C benar

 

21. Konten Infografis harus?

A. Masuk akal

B. Buatan

C. Bukan dari sumber yang jelas

D. Acak

 

22. Apa contoh Segi tampilan dari Presentasi, Kecuali?

A. Ukuran Huruf cukup besar

B. Hiasan yang tidak terlalu penting

C. Seimbang antara teks dan ilustrasi

D. Jumlah lebar yang sesuai dengan waktu

 

23. Apa hal-hal yang harus diperhatikan saat presentasi?

A. Menyiapkan bahan presentasi dengan baik

B. Menentukan gaya bahasa lisan

C. Konsep harus menggunakan alur logika

D. semua benar

 

24. Berikut yang termasuk dari cabang informatika?

A. Teknik Komputer

B. Analisis

C. Berpikir Komputasional

D. semua benar

 

25. Tujuan untuk mempelajari informatika adalah?

A. Bisa memahami cara kerja computer

B. Bisa bermain

C. Bisa menggambar

D. Agar mendapat teman

 

26. Salah satu Contoh yang harus diperhatikan saat membuat infografis adalah?

A. Warna yang sesuai

B. Huruf yang tidak sesuai

C. Tata letak yang tidak rapi

D.Ukuranfont/hu




27 Apa keuntungan bekerja dalam kelompok…

A. Membuat pekerjaan menjadi berantakan
B. Menghilangkan semangat kerja kelompok
C. Memperlambat pekerjaan
D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat danmemupuk semangat

Jawabannya : D. Dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat  dan memupuk semangat

 

28 Informasi teks pada gambar atau grafis lain yang memudahkan pembaca menangkap pesan yang dimaksud, disebut…

A. Penutup
B. Infografis
C. Ringkasan
D. Paparan utama

Jawabannya : B. Infografis

 

29 Belajar Informatika tidak harus menggunakan computer. Tujuan penting belajar informatika adalah agar dapat memahami cara kerja computer dan system digital berbasis computer. Kita dapat memahaminya dengan berbagai cara, misalnya melalui permainan, simulasi, dan kegiatan-kegiatan tanpa menggunakan computer yang dirancang oleh guru. Kegiatan semacam ini sering disebut sebagai kegiatan yang bersifat…

 


A. Unplugged
B. Plugged
C. Plugin
D. Nonplugged

Jawabannya : A. Unplugged

 

30 Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat infografis, kecuali…

A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi
B. Pemilihan huruf yang sesuai ukuran dan jenisnya
C. Pemilihan ilustrasi (grafik, gambar) yang sesuai
D. Pemilihan kata kunci

Jawabannya : A. Memperbanyak teks dibanding grafik dan ilustrasi

 

 

31 Yang diperlukan dalam bertindak setelah berpikir komputasional adalah…

A. Dilakukan secara tekun dan sabar
B. Dilakukan secara efektif dan efisien
C. Dilakukan secara efektif dan inovatif
D. dilakukan secara efektif dan kreatif

Jawabannya : B. Dilakukan secara efektif dan efisien

 

32 Salah satu hal menarik dari dunia computer adalah permainan (game). Bermain game ada sisi positifnya. Misalnya, dalam beberapa game, kalian bisa belajar strategi, belajar memahami bahasa asing, belajar berkompetisi secara sehat, dan sebagainya. Hal yang penting diingat, kalian perlu mengatur waktu bermain game agar tidak kecanduan. Dengan demikian, kalian sekaligus belajar mengatur waktu. Adakah hubungan antara bermain games dan informatika:

 

A.      Ada

B Sama sekali tidak ada

C Hanya membuang waktu saja

D Tidak ada

Jawabannya: A. Ada

 

33 Istilah informatika sepadan dengan istilah dalam Bahasa inggris informatics, computing, atau computer science. Apa itu informatika?

 

A Ilmu yang mempelajari tentang sila sila Pancasila

B Ilmu yang mempelajari tentang bidang studi, perancangan dan pembuatan dan system computer

C Ilmu yang mempelajari tentang Bahasa dan komunitasnya

D Ilmu yang mempelajari tentang alam sekitar

 

Jawabannya: B.     Ilmu yang mempelajari tentang bidang studi, perancangan dan pembuatan, dan system computer



 34  AlgorDibawah ini yg termasuk dalam membuat presentasi dari segi tampilan adalah

A.      Ringkasan

B.      Presentasi

C.      Seimbang antara teks dan gambar/ilustrasi

D.     Paparan utama

 

33   35 Yang tidak termasuk dalam membuat presentasi dari segi konten adalah

a.      Latar belakang

b.      Paparan utama

c.       Kesimpulan

d.      Pemanasan

 

34   36  Pengertian informatika

a.      disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin yang berbasis komputasi.

b.      tidak disiplin ilmu komputer yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi.

c.       data maupun informasi pada mesin berbasis informatika.

d.      disiplin ilmu informatika.

 

35      Jawaban yang salah dari tujuan infografis dibawah ini adalah adalah ?

a.      Himbauan

b.      susah dipahami

c.       mengedukasi

d.      mengajak

 

36   37 Tujuan belajar informatika yang benar adalah?

a.      Agar mengerti cara membetulkan mobil 

b.      Agar mengerti cara membuat rendang

c.       Agar mengerti cara bermain game di tv

d.      Agar bisa memahami cara kerja komputer dan system digital berbasis computer

 

37   38 Bidang ilmu informatika mempelajari…

a.      Ilmu hitam

b.      Ilmu agama

c.       Ilmu komputer

d.      Ilmu masak

 

38   39 Memecahkan masalah agar menjadi lebih kecil dan sampai ke pokok masalah hingga kita bisa menyelesaikan suatu masalah tersebut adalah

a.      A  Decomposing

b.      ANBithm

c.       SBK

40 Apakah belajar informatika harus memakai komputer?
 
  a tidak
  b ya                                                                                                
  c tidak tau
  d tidak karna belajar informatika harus pakai komputer

41  Apa yang akan Dipelajari dalam Mata Pelajaran Informatika?

  a.  aspek teoretis dan praktis, mendorong
  b  tahapan presentasi
  c   keterampilan generic                                                                                      
  d semua benar
  
  
42 bidang-bidang pengetahuan informatika  dikelompokan menjadi?


    A  TIK, AP, DSI
    b BK, TIK, SK , JKI, AD, AP, DSI, PLB
    c BK, TIK, AP, DSI, PLB                                                                       
    d semua benar

  43
 dalam Bahasa inggris  berfikir komputasional adalah(BK)

 a   Computational Thinking
 b Social Impact of Informatics
 c Computing Practices                                                                     
 d nformation and Communication Technology

44 Apa Itu Berpikir Komputasional?

  a metode berpikir dengan Teknik ilmu komputer
  b metode menyelesaikan pekerjaan dengan cepat
  c metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan Teknik ilmu computer                
  d semua benar

 
45 apakah pengaturan jadwal dalam kesehari hari penting? Dan mengapa

 a. penting karena agar kegiatan yang kita lakukan tidak bertabrakan
 b tidak karna tanpa jadwa kita bisa melakukan kegiatan dengan baik
 c penting karna agar kita terlihat rapi                                                                  
 d tidak karna kita tidak perlu jadwal untuk sebuah kegiatan
  
46 apakah struktur data berguna dalam kehidupan sehari hari?
 
 a ya
 b tidak
 c tidak terlalu                                                                                                     
 d tidak butuh sama sekali


47  Contoh struktur Data dalam kehidupan sehari hari adalah?
 
a
daftar belanja
b daftar karyawan di sebuah kantor
c
daftar siswa dalam sebuah kelas.                                                  
d
semua benar  


48 Apa saja bidang bidang informatika yang akan kalian pelajari

A. (BK), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

B. (QW), (TIK), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

C. (BK), (ER), (SK), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

D. (BK), (TIK), (TY), (JKI), (AD), (AP), (DSI), dan (PLB).

 

49 Saat membahas materi tentang berpikir komputasional, analisis data, pemrograman, dan dampak sosial informatika, kalian akan mengasah kemampuan

A. Bernalar kritis dan kreatif

B. Bermalas - malasan

C. Tidak Kreatif

D. Berfikir instan

 

49 Apa yang harus dilakukan Agar bekerja dalam kelompok menjadi efisien, efektif, dan menghasilkan solusi yang baik?

 A. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan

B. Tentukan tujuan kelompok, tidak perlu dilakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, merumuskan kesimpulan

C. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, tidak perlu diintegrasikan, merumuskan kesimpulan

D. Tentukan tujuan kelompok, lakukan pembagian peran dalam kelompok, kerjakan tugas masing-masing, mengintegrasikan hasil kerja, tidak perlu kesimpulan

 

50 Bagaimana cara mengomunikasikan hasil kerja dengan baik

A. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

B. presentasi yang tidak sesuai dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

C. presentasi dan demo produk atau dalam bentuk produk tampilan yang tidak sesuai seperti infograis.

D. presentasi dan demo produk atau tidak dalam bentuk produk tampilan seperti infograis.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pengalaman ptm labschool jkt

Jaringan komputer informatika kelas 8