Jaringan komputer informatika kelas 8

 




                                                     jaringan komputer
                                                      
                                                    peta konsep






Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).

       

Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu (personal computer) yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).




Macam jaringan terdiri dari intranet sampai dengan internet. Intranet sering disebut dengan jaringan privat karena jaringan ini dibuat untuk kepentingan local tidak diakses (publish) keluar.  Sedangkan internet merupakan jaringan system global yang terdiri dari berbagai computer yang melayani keperluan milyaran pengguna di seliruh dunia. 

 

Perangkat  jaringan  adalah  semua  komputer,  peripheral,  interface card,  dan perangkat  tambahan  yang  terhubung  ke  dalam  suatu  sistem jaringan  komputer  untuk melakukan komunikasi data.

 

   Hubungan Dial Up

 Hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan Internet adalah dengan memanfaatkan jalur telepon yang terdapat di kantor atau di rumah. Jenis hubungan ini sering disebut dial up connection.

      

Perangkat keras yang diperlukan untuk menghubungkan komputer dan internet dengan hubungan dial up adalah sebagai berikut :


a.     Unit Komputer

Unit komputer yang dibutuhkan terdiri dari monitor, sistem unit CPU, dan perangkat tambahan, seperti keyboardweb cam, dan mouse

 

a.     Modem (Modulator Demodulator)

Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengubah data analog menjadi data digital pada saat komputer mengambil data, atau mengubah data digital menjadi  data analog pada saat komputer mengirimkan data.

 

Menurut penempatannya, yaitu modem eksternal dan modem internal. Modem eksternal adalah modem yang ditempatkan di luar komputer dan dapat dipindah-pindah dari satu komputer ke komputer lain. Sedangkan, modem internal adalah modem yang sudah terpasang di dalam komputer (terpasang langsung ke motherboard komputer).


c.     Jaringan Telepon

 

Jaringan telepon ini sering dikenal dengan nama PSTN (Public Switch Telephone Network). Selain itu, diperlukan jasa perusahaan penyedia jaringan (ISP= Internet Service Provider) karena kita tidak dapat membuat jaringan sendiri, melainkan ada perusahaan penyedianya. ISP merupakan sebuah perusahaan yang menjadi penyedia layanan akses internet. Agar dapat terhubung ke internet, kita harus mendaftarkan menjadi pelanggan sebuah ISP, seperti Indosatnet, Indonet, Telkomnet.

 

     Hubungan Leased Line

 

Jika diartikan secara selintas, leased line adalah jalur (telepon) yang diigantikan fungsinya menjadi jalur Internet. Hubungan ini menggantikan fungsi jalur telepon menjadi jalur Internet sehingga kita dapat mengakses Internet selama 24 jam sehari secara permanen tanpa harus melakukan dial up  untuk koneksi ke jaringan maupun melakukandisconnect untuk memutuskan hubungan dengan Internet.



Pada jenis hubungan ini diperlukan perangkat lain yang dinamakan routerRouter adalah jenis khusus dari komputer yang secara dasar mempunyai komponen yang sama dengan komputer, seperti CPU, memory, sistem BUS, dan berbagai perantara input atau output

Router menggunakan Internetwork Operating System (IOS) untuk menjalankan file konfigurasi. File ini berisi interuksi dan parameter yang mengontrol alur lalu lintas data melalui router.

 

   Hubungan Wireless (Tanpa Kabel atau Nirkabel)

Hubungan wireless sama dengan hubungan leased line. Perbedaanya terletak pada media yang digunakan. Jika leased line menggunakan kabel telepon, maka wireless menggunakan gelombang radio untuk mengirimkan menerima datanya.

 

Alat pemancar dan penerima gelombang befungsi sebagai:

a.     Menerima gelombang data dari  jaringan internet, kemudian diteruskan ke komputer kita melaluirouter.

b.     Memancarkan gelombang data dari komputer kita menuju jaringan internet melalui router.

 

Hal yang harus diperhatikan untuk menggunakan hubungan wireless adalah
      
 Hubungan ini rentan terhadap cuaca sehingga perubahan cuaca disekitarnya akan banyak berpengaruh terhadap lalu lintas data. Ketika cuaca carah, lalu lintas data akan baik. Namun, jika cuaca hujan atau banyak petir, lalu lintas data akan sangat buruk.

Pemakaian hubungan wireless sebaiknya digunakan jika hubungan melalui kabel sudah tidak memungkinkan. Jika masih dimungkinkan hubungan melalui kabel dijadikan pilihan

     

     Hubungan VSAT

VSAT (Very Small Aperture Terminal) memungkinkan terjadinya komunikasi data melalui satelit. Data dari komputer A dikirim ke satelit melalui sebuah pemancar, kemudian satelit akan meneruskan data tersebut ke komputer di tempat B melalui sebuah pemancar penerima.

 

Perangkat keras yang digunakan dalam hubungan VSAT adalah sebagai berikut.:

       


a.        Hub Station

a.        Remote Station 

      
 Outdoor unit 
   
    Outdor unit 
dari sebuah remote station VSAT terdiri dari :

a)       Antena

Antena berfungsi untuk memancarkandan menerima gelombang  radio RF. Antena yang  dipakai dalam komunikasi VSAT adalah sebuah solid dish antenna yang memiliki bentuk parabola.

b)       RFT

        Protokol Jaringan

 Protokol adalah sekumpulan perintah atau sistem yang mengatur proses komunikasi, transmisi dan penerimaan informasi, pembacaan pesan serta pengkoordinasian semua komputer yang terintegrasi dalam jaringan, sehingga dapat melakukan aktifitas-aktifitas tersebut dengan lancar

Protokol jaringan dirancang pertama kali di awal tahun 1970-an. Tapi, kala itu ia hanya dipakai untuk menghubungkan beberapa node dan tidak diperkirakan bakal berkembang secara global seperti sekarang. Baru ketika memasuki tahun 1990-an masyarakat sadar bahwa pertumbuhan internet mulai terlihat.

    Jaringan Kabel

 

Jaringan Berkabel adalah suatu media transmisi data yang digunakan dalam jaringan ini berupa kabel. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya untuk bisa saling bertukar informasi atau data yang terhubung dalam suatu internet. Salah satu media trasmisi yang digunakan dalan wired network ini adalah kabel UTP.

 

Kelebihannya :

1.     Relatif murah

2.     Tingkat keamanan relatif tinggi

3.     Performa / Stabilitas jaringan dan bandwith yang lebih tinggi dan lancer

4.     Mudah dalam instalasi

5.     Biaya yang murah dalam investasi jaringan

 

Kelemahannya:

1.     Kerapian yang kurang(nilai estetika) karena kabel yg berantakan /sembraut

2.     Jangkauan dan akses client yang terbatas

3.     Susah jika ada perluasan jaringan

4.     Wired LAN harus di tempatkan di tempat yang aman

5.     Security pada wired LAN akan hilang pada saat kabel jaringan di potong

1.     Jaringan Nirkabel

 

Jaringan nirkabel (Inggriswireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasiteknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan lokal nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.

Jaringan nirkabel biasanya menghubungkan satu sistem komputer dengan sistem yang lain dengan menggunakan beberapa macam media transmisi tanpa kabel, seperti: gelombang radiogelombang mikro, maupun cahaya infra merah.

 
   


Komentar

Postingan populer dari blog ini

artificial intelligence

pengalaman ptm labschool jkt

TIK 50 SOAL